Loading...

Sawit Indonesia Lebih Berkelanjutan dan Lebih Ramah Lingkungan

05:55 WIB | Friday, 29-June-2018 | Kebun | Penulis : Ahmad Soim

Kepala Sekretariat Komisi ISPO, Azis Hidayat bersama delegasi Indonesia ke Prancis memaparkan sejumlah upaya yang telah dilakukan Indonesia menjadikan agroindustri kelapa sawit Indonesia lebih berkelanjutan dan lebih ramah lingkungan.

Delegasi Indonesia di Prancis menjelaskan kepada masyarakat Eropa bahwa industri kelapa sawit Indonesia kini lebih berkelanjutan dan lebih ramah lingkungan.

 

 

 

Kepala Sekretariat Komisi ISPO, Azis Hidayat yang ikut dalam delegasi ke Prancis memaparkan sejumlah upaya yang telah dilakukan Indonesia menjadikan agroindustri kelapa sawit Indonesia lebih berkelanjutan dan lebih ramah lingkungan.

 

 

 

Pemerintah Indonesia terus berjuang melawan deforestasi dan pemanasan global, salah satunya dengan cara mendukung produksi minyak kelapa sawit yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

 

 

 

Di tingkat internasional, lanjut Azis Hidayat Indonesia adalah anggota Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) yang dibentuk tahun 2004 dan berperan mendefinisikan minyak kelapa sawit lestari serta mendefinisikan sistem sertifikasi minyak kelapa sawit (certified sustainable palm oil/CSPO).

 

 

 

Selain itu, Indonesia membuat komitmen kepada Uni Eropa pada tahun 2015 melalui proyek Minyak Kelapa Sawit Berkelanjutan Eropa (European Sustainable Palm Oil/ESPO) yang membantu meningkatkan kepatuhan terhadap standar sertifikasi sesuai definisi RSPO.

 

 

 

“Pada 2011, Indonesia memperkenalkan sertifikasi ISPO, yang juga menjadi upaya mengawasi produksi dengan lebih baik. Sertifikasi ISPO ini melengkapi panel praktik manajemen yang baik, seperti Praktik Pertanian yang Baik, Cara Pembuatan yang Baik, Standar ISO 9001, 14000, 2600 dan Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3),” papar Azis Hidayat. Som

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162