Loading...

Nikmati Malam, di Kampung Solor, Kupang

12:32 WIB | Friday, 03-August-2018 | Non Komoditi, Tips & Santai | Penulis : Julianto

pedagang ikan di kampung solor

 

 

Jika Anda sempat berjalan-jalan ke Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), jangan lupa menikmati malam di wisata kuliner pasar malam Kampung Solor. Seperti umumnya wisata kuliner di Indonesia Timur, Anda akan disuguhkan menu ikan bakar.

 

Begitu juga di Kupang. Berbagai ragam ikan laut segar bisa Anda dipilih sendiri. Ada  ikan kakap merah, kakap putih, baronang, ikan lusun, kerapu dan lain sebagainya. Bagi penikmat cumi dan udang juga tersedia cukup banyak.

 

Soal harga, jangan takut masih cukup terjangkau kantong. Misalnya, satu ekor ikan kakap merah dengan ukuran lumayan besar bisa dimakan untuk 3-4 orang hanya Rp 75 ribu/ekor. Begitu juga dengan ikan kerapu sekitar Rp 60 ribu/ekor. Dengan harga seperti itu, Anda bisa memesan jenis bumbunya, sepeti saus tiram atau asam pedas plus lalapannya.

 

Menurut Grace, salah seorang pedagang, wisata kuliner kampung Solor tersebut buka mulai sore hingga sekitar pukul 12 malam. Pagi hingga sore harinya, lokasi tempat jualan mereka akan kembali ke fungsi semula sebagai jalan umum.

 

Meski berbagai menu ikan bisa Anda nikmati di kampung Solor, namun jangan dibayangkan lokasinya berada di pinggir pantai.  Jika Anda menginap di Hotel Aston, Swiss Bellinn atau On the Rock Hotel, hanya memerlukan waktu sekitar 15 menit untuk sampai di Kampung Solor.

 

Namun jika ingin membawa oleh-oleh ikan bakar, maka bisa membeli di Jalan Timor depan Hotel Aston. Di lokasi tersebut banyak pedagang yang menawarkan berbagai jenis ikan laut. Anda bisa minta tolong untuk dibakarkan dan dibuatkan bumbunya. Sebaiknya siapkan tempat sendiri agar ikan bakar tersebut tidak dikemas dengan koran.

 

Soal harga juga terjangkau. Menurut Desiana, salah seorang wisatawan dari Jakarta, harga ikan yang dijual cukup murah. Misalnya, ikan tongkol dengan berat sekitar 0,5 kg seharga Rp 35 ribu.

 

Sementara itu jika ingin membeli olah oleh khas Kupang, maka bisa mampir ke Pusat Oleh-oleh Ibu Soekiran. Lokasinya di Jalan Moh. Hatta No. 16.  Oleh-oleh yang bisa dibawa pulang diantaranya, abon sapi, abon ikan, dendeng, se'i, berbagai jenis kopi asli NTT dan camilan lainnya.

 

Ada lokasi wisata kuliner lainnya yang bisa Anda kunjungi di sepanjang Pantai Nunsui, daerah Oesapa. Lokasinya cocok untuk bersantai, terutama  pada malam hari sambil minum kopi khas Flores.

 

Destinasi wisata lainnya yang bisa dikunjungi adalah Pantai Tablolong, sekitar 40 menit dari Kota Kupang. Ada juga air terjun di Oenesu. Air terjun ini bisa nikmati keindahannya, karena tiga tingkat.

 

Ada juga wisata Pantai Tolbano yang dikenal dengan pantai kerikil. Di lokasi ini wisatawan bisa berjemur di atas kerikil seperti terapi, karena hangatnya kerikil yang terkena sinar matahari.  Selamat menikmati liburan di Kupang.Yul

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162