Loading...

Balitbangtan Meriahkan Ritech Expo 2018

19:53 WIB | Friday, 10-August-2018 | Teknologi | Penulis : Kontributor

Anak-anak sekolah berfoto di stand Balitbang Pertanian dalam Harteknas 2018 di Riau (dok. Humas Balitbangtan)

Badan Litbang Pertanian, Kementerian Pertanian turut memeriahkan perhelatan Ritech Expo 2018 di Kompleks Rumah Dinas Gubernur Riau, Pekan Baru, 9-12 Agustus 2018 yang merupakan rangkaian dari peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-23.  Balitbangtan menampilkan berbagai inovasi teknologi terbarunya yang siap diadopsi oleh industri maupun UMKM.

 

Dalam Ritech Expo 2018 kali ini, Balitbangtan menampilkan beberapa inovasi mulai dari perbenihan seperti varietas padi taro 36 dan 37, benih sagu bestari, kelapa dalam unggul sri gemilang dan benih papaya merah delima. Untuk olahan dari kelapa ada Virgin Coconut Oil (VCO), keripik kelapa, dan kukis kelapa.

 

Disamping itu, Balitbangtan juga menampilkan inovasi unggulan terbaru dalam pemanfaatan limbah pertanian dari sekam padi seperti, Sandal Ramah Lingkungan, sandal ini terbuat dari karet alami dengan filler sekam padi, keunggulan dari sandal ini yaitu anti selip, memiliki ketahanan sobek yang tinggi, lebih ringan dan tahan terhadap benda tajam.

 

Masih dari olahan sekam padi, Balitbangtan berhasil menciptakan silika alami yang berasal dari sekam padi untuk pupuk khususnya untuk tanaman padi. Keunggulan biosilika ini adalah memperkuat daya tahan tanaman dari kerebahan dan serangan hama penyakit. Selain itu masih ada produk lain seperti kukis bekatul,  biopestisida dan sheet karet dengan koagulan dari asap cair sekam padi serta biofoam dari jerami yang ikut dipamerkan.

 

Acara dibuka secara langsung oleh Menteri Ristekdikti, Mohamad Nasir didampingi oleh Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman dan Presiden ke 3 RI, B.J. Habibie. Turut hadir dalam acara ini yaitu, Gubernur DI Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X dan Walikota Magelang, Sigit Widyonindito yang hadir sebagai penerima penghargaan Budipura dan Labda Khreya. Setelah rangkaian acara pembukaan usai, Mentri Ristekdikti, Gubernur Riau, Gubernur DI Jogjakarta, Walikota Magelang dan B.J Habibie kemudian berkeliling mengunjungi stand pameran.

 

Disela-sela kunjungannya Menteri Ristekdikti mengatakan Semua kegiatan penelitian yang dilakukan oleh masing-masing lembaga baik itu kementerian ataupun universitas sebaiknya saling bersinergi. "Jangan sampai lembaganya berbeda tetapi meneliti dan mengembangkan hal yang sama,” ujar Nasir.

 

Berbagai inovasi Balitbangtan yang dipamerkan sukses mencuri perhatian pengunjung khususnya pelaku agrobisnis pertanian, dan juga dari institusi pendidikan, wirausahawan, pelajar/mahasiswa, serta masyarakat pada umumnya yang ditunjukkan dengan diskusi interaktif serta permintaan informasi untuk memulai agrobisnis pertanian khususnya penyediaan logistik dan teknis operasionalnya.

 

Editor : Gesha

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162